Cara Membuat Tema Google Chrome [LENGKAP]


Google Chrome adalah sebuah peramban web sumber terbuka yang dikembangkan oleh Google dengan menggunakan mesin rendering WebKit. Proyek sumber terbukanya sendiri dinamakan Chromium. Versi beta untuk Microsoft Windows diluncurkan pada 2 September 2008 dalam 43 bahasa.

Mungkin sobat sudah tau, jika Google Chrome ini merupakan aplikasi untuk membuka suatu website yang memang tidak diragukan lagi kecepatannya, fleksibilitas , dan fitur yang easy to learn membuat Google Chrome semakin diminati oleh berbagai kalangan pelajar, bahkan orang-orang di seluruh dunia sangat meyukai Google Chrome ini.

Sedikit pengalaman tentang Google Chrome, menurut saya merupakan sebuah Peramban web terbaik dari berbagai peramban lainnya. Selain Google Chrome yang merupakan suatu peramban yang didirikan oleh perusahaan besar ternama yang populer di kalangan dunia Google Inc tentunya sangat dipercaya untuk dicoba. Selain itu, saya juga sering sekali menggunakan fitur google seperti e-mail, Blog, dan bahkan Adsense untuk menghasilkan uang.

Mungkin beberapa orang sudah sudah bosan dengan tema Google Chrome yang flat, simple, hanya warna putih yang bisa dilihat oleh mata telanjang. Tapi jangan khawatir, kali ini saya akan memberikan tutorial tentang bagaimana  Cara Membuat Tema Google Chrome yang menurut saya merupakan cara termudah, simple, namun sayangnya membutuhkan koneksi internet. Karena untuk menggunakan tema Google Chrome buatan sendiri, hal itu perlu diupload dulu supaya tema buatan sobat bisa dipakai .

Berikut bagaimana Cara Membuat Tema Google Chrome

1. Membuka Website Theme Beta

Apa itu Themebeta? Themebeta merupakan sebuah website penyedia Tema Google Chrome . Disana sobat bisa mengupload berbagai tema yang disediakan yang tentunya sobat bisa bikin sendiri juga disana. Karena telah disediakan Fitur dimana sobat bisa membuat Tema sendiri di website ThemeBeta itu sendiri.


Untuk membuat tema, sobat bisa klik DISINI

2. Mengupload Gambar yang sobat inginkan

Saat sobat membuka website Themebeta, sobat akan melihat beberapa tab, diantaranya tab Upload and image , tab Generate Colors , tab Pack and Install lalu tab Save Online. 

Masing-masing tab memiliki fungsi yang berbeda, sedikit saya akan menjelaskan fungsi dari setiap tab.

a. Tab Upload an Images
   Tab ini merupakan tab untuk mengupload gambar yang sobat inginkan. Ini adalah tahap pertama yang harus dilakukan untuk membuat tema Google Chrome . Perlu sobat ketahui, sebaiknya sobat mengupload gambar sesuai Resolusi yang sobat miliki. Jika sobat memiliki resolusi 1366x768 maka sebaiknya sobat mengupload gambar yang memiliki resolusi tersebut. Untuk merubah resolusi, sobat bisa melakukannya di Photoshop ataupun online yang bisa sobat kunjungi DISINI

b. Tab Generate Colors
   Tab ini merupakan tab untuk mengubah interface pada Google Chrome sobat. Fitur ini yang paling penting diantara yang lainnya.

c. Tab Pack and Install
   Tab ini merupakan tab untuk mengkonversi hasil dari tema yang sudah sobat buat menjadi 1 file yang utuh. Jika sobat sudah selesai mengubah interface sesuai selera, maka opsi terakhir adalah meng-klik tab yang satu ini. 

d. Tab Save Online
   Untuk tab ini merupakan tab opsional, sobat bisa menggunakan opsi ini ataupun tidak, itu terserah. Jika sobat membuat tema untuk kepentingan sobat sendiri dan tidak ingin memamerkannya di publik, jangan gunakan opsi ini.

3. Memilih warna / colour sesuai selera (Customize Color) dan menyisipkan gambar

Klik tab Images lalu sobat akan melihat sub fitur yang ada didalamnya. 
Pada tab images,sobat akan menemukan berbagai macam fitur dan sobat juga bisa mengatur warna sesuai selera sobat
Berikut fitur-fitur yang ada di dalam tab images :

a. NTP Background
NTP background , atau disebut juga New Tab Page background, yaitu memilih background sesuai selera sobat. Background yang dimaksud adalah background utama dimana ketika sobat pertama membuka Google Chrome . Disitulah tempat NTP Background. Untuk lebih jelasnya, wilayah NTP Background yaitu yang berwarna merah
b. Frame
Mungkin sobat sudah tidak asing dengan istilah yang satu ini. Jika dikaitkan dengan animasi/film, Frame yaitu sebuah gambar yang akan dianimasikan dengna beberapa gambar lainnya. Namun pengertian pada topik ini yaitu Frame adalah sebuah bingkai . Untuk lebih jelasnya, wilayah Frame yaitu yang berwarna merah 
c.Toolbar
Toolbar yaitu menu yang menampilkan daftar perintah. Untuk lebih jelasnya, wilayah Toolbar yaitu berwarna merah
d. Tab Background
e. Frame Overlay
f. NTP Attribution
Jika sobat ingin menambahkan watermark, gunakan fitur ini.
Selain mengganti warna sesuai selera, sobat juga bisa menyisipkan gambar jpg dan png yang ada di file komputer sobat. perlu sobat ketahui, recommend size/resolution yang terbaik adalah :
Recommended size untuk setiap gambar
theme_frame: ∞ x 30px
theme_toolbar: ∞ x 120px
theme_tab_background: ∞ x 65px
theme_ntp_background: Recommended Minimum Size for images 800 x 600px
theme_frame_overlay: 1100 x 40px
theme_button_background: 30 x 30px

4. Mengganti warna font

Supaya interface lebih jos, sobat jangan lupa untuk mengganti warna font pada tab Colors yang sesuai dengan warna sebelumnya. Jika sobat menggunakan warna hitam , maka sobat harus mengganti warna font nya lebih terang, misalnya warna putih (#ffffff) atau warna lainnya.

5. Pack and Install


Jika sobat sudah selesai mengubah interface sesuai selera sobat, maka sobat tinggal menginstal tema buatan sobat. Tunggu beberapa saat, selanjutnya chrome akan mendownload tema tersebut dan menginstall tema tersebut secara otomatis.

Jika sobat ingin menyimpan tema tersebut, sobat bisa klik Save Online

Itulah bagaimana Cara Membuat Tema Google Chrome. Ayo tunggu apalagi, buatlah tema bikinan sobat sendiri !

Berlangganan update artikel terbaru via email:

1 Response to "Cara Membuat Tema Google Chrome [LENGKAP]"

Blogger mengatakan...

Need To Increase Your ClickBank Banner Traffic And Commissions?

Bannerizer made it easy for you to promote ClickBank products by banners, simply go to Bannerizer, and get the banner codes for your picked ClickBank products or use the Universal ClickBank Banner Rotator Tool to promote all of the ClickBank products.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel