3 Cara Mengatasi Write-Protected Hardisk Eksternal/SDCard/Flashdisk Terbaru

[AMPUH] Cara Mengatasi Write-Protected Hardisk Eksternal dan SDCard dan Flashdisk Terbaru

Ryuublogger - Seperti yang kita ketahui, bahwa Hardisk merupakan tempat penyimpanan untuk menyimpan berbagai file dengan berbagai macam ekstensi, seperti video, games, rar, excel, dan lain-lain.

Write-Protected merupakan sebuah sistem dimana jika Hardisk mengalami bahaya, maka secara otomatis akan mengaktifkan Write-Protected tersebut. Biasanya terjadi ketika kita mencolok hardisk tersebut pada perangkat Pc yang jarang dirawat, banyak virus, dan menggunakan OS yang tidak support USB.

Saya pernah mengalaminya ketika saya mencolokkan hardisk menggunakan OTG pada Tablet Cina yang memiliki sistem Dual Boot. Ketika saya memilih windows, saya mencoba untuk mencolokkan hardisk eksternal saya pada tablet tersebut, semuanya baik-baik saja. Bahkan saya memainkan beberapa game PC disana dan berjalan dengan baik. 

Namun ketika saya mencabut hardisk eksternal dari perangkat tersebut ternyata ketika dicolokkan pada Laptop saya, tiba-tiba saja ketika saya mengkopi file pada eksternal, malah muncul notifikasi seperti "Unable to copy, Write-Protected Disk, bla bla bla..". Bahkan ketika saya mencoba untuk format hardisk tersebut ditolak oleh Write-Protected. Saking keselnya, saya mencoba untuk mencari referensi di google bagaimana cara mengatasi masalah tersebut. 

Beberapa Video dan Blog sudah saya kunjungi namun tidak ada yang berhasil, Bahkan ketika saya mengunjungi Forum Windows, tetap saja tidak berhasil. 

Kemudian saya berfikir keras, bagaimana cara mengatasi solusi ini. Saya sampai-sampai susah tidur karena terus memikirkannya. 

Keesokan harinya, saya mencoba untuk menggabungkan Cara mengatasi Write-Protected tersebut. Dari lima cara yang berbeda, untungnya salah satu dari kelima tersebut ada yang berhasil. Sontak saya berteriak di kamar sampai-sampai tetangga kaget datang ke rumah melihat keadaan yang terjadi. what a shame lol.

Sungguh kebahagiaan yang tak tergantikan ketika file-file yang sangat berharga di hardisk eksternal saya masih bisa digunakan. 

Berdasarkan pengalaman,analisis, dan kegagalan yang sering saya peroleh. Saya bisa menyimpulkan bahwa Write-Protected disk sebenarnya sangat useful. Loh, kok bisa? Bayangkan saja, ketika sobat mencolokkan flashdisk sobat pada perangkat yang memiliki platform yang tidak support USB? tentunya ketika dipaksakan, Serangan dari platform tersebut secara sengaja menimbulkan kerusakan pada flashdisk. Tapi untungnya berkat Write-Disk Protected, serangan yang masuk akan di defend oleh Write-Disk protected itu sendiri.

Kalau gitu, kenapa tidak bisa menghilangkan Write-Protected nya? Ya, memang tidak mudah untuk menghilangkan Write-Protected disk. Ibaratnya, itu seperti sebuah gedung yang kebakaran, secara otomatis Sprinkle akan memancarkan air di sekitar gedung yang mengalami kebakaran berkat sensor yang merasakan api tersebut. Apakah mudah untuk dipulihkan? tidak, tentunya butuh proses untuk memulihkannya, sama seperti Write-Protected disk, secara permanen akan memasang pelindung yang tidak bisa dipulihkan lagi.

Kalau gitu, gak ada solusinya dong? ada, dengan sedikit memanfaatkan sistem admin, kita bisa mengakses fitur keamanan di dalam SDCard/Hardisk tersebut. Berikut Caranya :
Pastikan Flashdisk/Hardisk/SDCard yang ingin dihilangkan Write-Protected disk-nya, tetap terhubung dengan PC/Laptop sobat!

1. Cara 1 : Menggunakan CMD

Apakah sobat tau apa itu CMD? ya, CMD adalah Command Prompt milik windows yang berfungsi untuk mengakses sistem yang bekerja di balik layar. Ibaratnya, seperti <body> di dunia HTML yang tidak akan muncul di interface laman Website kita. Namun secara tidak langsung bekerja sebagai penopang melengkapi kebutuhan Website.

a. Membuka Aplikasi CMD. Bagaimana caranya?
Untuk windows 10, pada kolom search cortana, ketik cmd lalu klik kanan mouse, Run as Administrator.Untuk windows 7, klik start, langsung ketik cmd, lalu klik kanan mouse, Run as Administrator

b. Setelah membuka CMD sebagai admin, ketik diskpart 



c. Selanjutnya, ketik list disk untuk mengidentifikasi disk apa aja yang terhubung dengan perangkat yang sedang kita pakai.


d. Pada gambar diatas, Disk yang saya ingin perbaiki adalah Disk 1, sebaiknya sobat cek dulu berapa GB ukuran flashdisk/hardisk/SDCard supaya tidak salah ketika melakukan eksekusi. Resiko paling besar dari step ini adalah bisa saja kita harus menggunakan cara format, jika cara biasa tidak bisa digunakan. Oleh karena itu, sobat sebaiknya mem-backup file yang ada di Hardisk/Flashdisk/SDCard sobat sebelum di format.

e. Selanjutnya, ketik select disk 1, maka sistem akan merespon bahwa Disk 1 saat ini sedang digunakan



f. ketik attributes disk clear readonly, ini nih yang paling penting. berfungsi untuk menghilangkan readonly yang aktif pada usb sobat.


g. selanjutnya, ketik exit ketika proses diatas selesai. Jika masih terdapat write-protected, maka opsi terakhir adalah melakukan format.

2. Cara 2 : Menggunakan Regedit

Jika cara ke-1 tidak berhasil, gabungkan dengan cara ke-2 ini. Dengan menggunakan cara ini, setidaknya meningkatkan tingkat keberhasilan mengilangkan write-protected pada SDCard/Hardisk/Flashdisk. Berikut caranya :

a. Klik tombol Windows + R, atau ketik Run di kotak search untuk menjalankan aplikasi ini.
b. Selanjutnya, ketik Regedit lalu tekan enter untuk membukanya


c. Selanjutnya, buka folder HKEY_LOCAL_MACHINE, untuk next step ikuti langkah dibawah
HKEY_LOCAL_MACHINE/SYSTEM/CurrentControlSet/Control/StorageDevicePolicies

d. Pada folder Control, jika sobat tidak menemukan folder StorageDevicePolicies, bisa membuat lagi fodler baru dengan cara Klik kanan > New > Key tepat di bagian Control. Lalu beri nama StorageDevicePolicies



e. Selanjutnya, pada folder StorageDevicePolicies, Klik kanan > New > DWORD  



f. Lalu beri nama WriteProtected dengan Value 0, lalu klik Ok.



Apakah sudah selesai? Belum, selanjutnya buka kembali CMD sesuai dengan Step 1. Perlu diingat, sebelum melakukan cara ini,sobat wajib melakukan step 1 dan step 2 dulu.

3. Cara Paling Ampuh : Menggunakan Eksekusi Perintah

Perlu diingat, sebelum melakukan cara ini,sobat wajib melakukan step 1 dan step 2 dulu.
a. Pertama, buka CMD, lalu copy/salin perintah berikut di cmd, lalu tempel dengan cara klik kanan > Paste > klik tombol Enter
reg add "HKLM\SYSTEM\ControlSet001\Control\StorageDevicePolicies" /v WriteProtect /t REG_DWORD /d 0 /f

b. Selanjutnya, Restart PC/Laptop sobat dan lihat hasilnya

Itulah Bagaimana Cara Mengatasi Write-Protected Hardisk Eksternal/SDCard/Flashdisk. Semoga Bermanfaat.

Get your latest VN's Game via e-mail:

0 Response to "3 Cara Mengatasi Write-Protected Hardisk Eksternal/SDCard/Flashdisk Terbaru"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel