Tutorial Kirikiroid2 - Aplikasi Visual Novel Emulator Android

Tutorial Kirikiroid2 Lengkap - Sebuah Aplikasi Emulator Visual Novel

Hai teman-teman. Kalian pasti sudah tidak asing dengan aplikasi ini, yaitu sebuah aplikasi yang membuatmu bisa memainkan game milik kamu yang sudah kamu beli secara legal dimainkan di Android.

Tentu saja ada spesifikasi tertentu, gak semua game visual novel bisa dimainkan di aplikasi kirikiroid2. Spesifikasinya yaitu hanya bisa dimainkan dengan game yang dasarnya menggunakan kirikiri engine, yang pertama kali dibuat pada tahun 1998 oleh w.dee. 

Singkatnya, kirikiri engine ini seringkali digunakan di permainan doujin maupun visual novel. salah satu game yang menggunakan kirikiri engine yang sangat melegenda yaitu TYPE MOON's Fate/stay night dan Ataraxia. adapun game kucing eue yang sudah melepas beberapa seri, seperti NEKOPARA Series.

Pasti kalian yang pertama kali mengetahui aplikasi ini, iseng-iseng meng-copy game vn nya ke android lalu ketika dimainkan gak jalan. nah loh, ternyata gak semua juga kikirikiri engine bisa dimainkan di aplikasi ini. Tampaknya masih banyak kekurangan dari aplikasi ini.

Dukung developer dengan membeli aplikasi ini, kalau punya duit ya gak usah download aplikasinya di blog ini:p

Requirement yang dibutuhkan untuk menjalankan game berbasis kirikiriengine yaitu dengan menggunakan patch khusus (patch.tjs atau xp3filter.tjs) kalian pasti sudah tidak asing dengan nama-nama tersebut karena dominan error nya memang karena itu.

Lalu, apakah kita harus bikin sendiri patch-nya? tidak usah, karena developer aplikasi ini telah menyediakan patch-patch khusus supaya kompatibel di kirikiroid2.

Kamu bisa mendapatkan patch-nya di website resminya disini.
berikut tampilan mengenai kumpulan patch kirikiroid2 :


Untuk mencari patch yang kamu inginkan, kamu tinggal mencarinya dengan memasukkan judul game visual novel yang ingin kamu cari patch-nya. akan tetapi harus diingat bahwa judul-nya menggunakan aksara jepang, maka kamu bisa mencari judul dengan aksara jepang di vndb.org

mengapa patch terbaru hanya sampai tahun 2018? apakah tidak lanjut lagi? untuk yang tahu jawabannya boleh berkomentar ya! ada hadiahnya :3

nah, itu gambaran mengenai bagaimana cara mendapatkan patch kirikiroid2. sisanya kamu bisa eksplorasi untuk mencari tau info lebih lanjut. kalau ada info menarik seputar kirikiroid2, jangan lupa berkomentar ya, ada hadiahnya juga :3

okay, saatnya masuk ke fitur aplikasi kirikiroid2. didalamnya ada beberapa fitur yang mungkin teman-teman belum tau. berikut fitur yang ada di dalam kirikiroid2.

Didalam aplikasi kirikirdoi2, jika kamu mengklik tombol yang ada di pojok kanan atas, maka akan ada beberapa menu, salah satunya yaitu Global Preference seperti gambar di bawah ini
Mari kita ketahui fungsi masing-masing dari gambar diatas.
Output log, itu untuk memberikan riwayat/catatan dalam sistem saat membuka suatu aplikasi. Log itu biasanya berupa proses dibalik aplikasi ini berjalan. Jika kamu mengalami error, kamu bisa mengetahuinya dengan Output Log ini. Kamu juga bisa melaporkan bug kepada developernya dengan mengirim log tersebut.

Show FPS, berfungsi untuk menunjukan FPS ketika menjalankan game vn kamu. biasanya FPS muncul di pojok kanan atas

FPS Limit, disarankan tetap di 60.

Select Renderer biasanya di dalam pilihan ini hanya ada dua, yaitu Software dan Open-gl, mimin sarankan untuk menggunakan Open-gl yang lebih mumpuni dalam rendering game vn kamu.

Kamu juga bisa membuka Advance Renderer Option, dimana kamu bisa eksplorasi tentang rendering. Kalo kamu masih belum puas sama OpenGL, gunakan aja pilihan ini.


Selanjutnya yaitu Default Font. Kenapa harus di ceklis? karena merupakan salah satu kekurangan Kirkiroid2, yaitu kita tidak bisa memilih font sesuka hati. Ini merupakan salah satu kekurangan daripada kirkiroid2 itu sendiri. Tapi sang developer berusaha untuk memperbaiki hal ini. semoga saja ya.

Attempt to limit memory usage, ceklis aja pilihan ini karena penting untuk menjalankan game vn kamu menjadi optimal.

Fitur In-Game


vn : 9nine episode 1 bahasa indonesia
Lanjut ke fitur in-game di kirikiroid2, salah satunya yaitu jika kamu menaikkan icon hitam, maka akan ada 5 pilihan yang setiapnya punya fungsi yang berbeda.

Untuk yang paling kiri, yaitu toolbar. Jika kamu sedang bermain vn di pc, terdapat toolbar tepat di bawah judul game vn. Kamu bisa merubah resolusi, gpu, dan semacamnya untuk meningkatkan performa ketika memainkan game vn.

yang kedua yaitu Resize icon, berfungsi untuk zoom-in dan zoom-out game vn kamu. cocok buat kamu yang ingin melakukan screenshot di CG tertentu.

yang ketiga yaitu Mouse icon, jika didalam fitur game vn nya terdapat hide menu, maka kamu pasti merasa sulit ketika melakukan save data, load data, backlog, setting, dan sebagainya. Nah, mouse icon ini berfungsi untuk mengubah touchscreen menjadi mouse, seperti halnya di desktop/pc.




penampakan mode cursor (lihat di paling bawah)
Selanjutnya adalah tutorial yang paling penting,yaitu bagaimana cara membuka game vn di kirikidoid2. Mungkin teman-teman kesulitan dalam membuka game vn. apalagi bagi yang pertama kali menggunakan aplikasi ini, hal yang dialami bukannya bekerja dengna balik, tetapi notifikasi error yang muncul bahkan force close aplikasi kirikiroid2 ketika mengeksekusi game vn.

Hal yang harus diperhatikan yaitu :
1. Pastikan file nya .xp3

Apa itu tipe file .xp3 ? yaitu tipe file yang merupakan bagian dari kirikiri engine. Jika kamu membuka game yang tidak memiliki tipe file seperti ini, sudah dipastikan game vn kamu tidak akan jalan. tetapi jangan takut, ada aplikasi lain seperti exagear yang kompatibel dengan semua engine vn.

2. Pastikan ada Data.xp3 atau Data.bin

Mengapa file ini perlu diperhatikan? karena di dalam data.bin itu terdapat program untuk menjalankan game vn. jika tidak ada file ini maka game vn kamu sudah dipastikan tidak akan jalan di aplikasi kirikiroid2.

3. Patch khusus 

Patch khusus ini berfungsi untuk menjalankan game vn kamu di kirikiroid2. Tidak semua kirikiri engine itu kompatibel di kirikiroid, oleh karena itu pastikan ada patch khusus seperti xp3filter.tjs dan patch.tjs



Bagi teman-teman yang ingin mengunduh aplikasi ini, kamu bisa membelinya di Playstore dengan harga 68.000. Worth it.

Atau kamu bisa mengunduh versi kerak di bawah ini :

Download Kirikiroid2.apk : MEGA (bypass license)
Download Kirikiroid2.apk v2 (1.3.9) : GD | MEGA (fixed force close)
Download Kirkiroid2.apk v3 (1.3.4) : MEGA

Jika ada masalah dalam menggunakan aplikasi ini, silahkan berkomentar!

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Tutorial Kirikiroid2 - Aplikasi Visual Novel Emulator Android"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel